HMP PGSD UMS mempersembahkan acara untuk mahasiswa baru PGSD UMS yang bernama Grand Opening PGSD. Grand Opening merupakan sebuah program kerja yang diadakan oleh HMP PGSD yang diharapkan dapat mencetak generasi yang cerdas yang dapat mempertahankan akreditasi PGSD itu sendiri. Pelaksanaan Grand Opening ini dilaksanakan 04 September 2017 di gedung C.4 FKIP UMS dimulai pukul 07.30 s.d. 12.40.

Acara dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan tilawah dan sari tilawah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PGSD. Dalam hal ini diiringi oleh Tim PADUS (Paduan Suara). Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia yaitu Aulia Maulida, kemudian ketua HMP PGSD yaitu Eko Wahyu Saputro dan ketua Program Studi yaitu Ibu Nur Amalia. Acara dilanjutkan dengan pengenalan Program Studi dan pengenalan dosen-dosen PGSD.

Kemudian dilanjutkan sesi sharing oleh Pryanggita Tyara Murti tentang pengalaman magang diluar negri. Penyampaian materi selanjutya disampaikan oleh Ika Fajar Rini yang berbagi tentang magang diluar Jawa. Melalui penyampaian materi ini akan dapat menarik perhatian mahasiswa baru untuk dapat mendaftarkan dirinya mengikuti magang di luar Jawa ataupun luar negri ketika semester 6 kelak.

Acara dilanjutkan dengan hiburan. Hiburan dari ELSTE Band yang personilnya berasal dari mahasiswa PGSD yaitu semester III dan semester V. Kemudian acara seelanjutnya yaitu pengenalan HMP. Pengenalan HMP ini diadakan agar dapat menarik perhatian mahasiswa baru PGSD untuk dapat mengikuti HMP. Pengenalan HMP ini disampaikan oleh masing-masing bidang yaitu dari bidang 1-5 yang diwakili oleh Ketua Bidang dan Sekretaris Bidang akan mengenalkan bidangnya ataupun devisinya.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran kado. Kado yang dibawa oleh mahasiswa baru dikumpulkan menjadi satu saat registrasi yang kemudian akan dibagi pada saat pertukaran kado tersebut. Didalam kado tersebut akan berisi kata-kata atau pepatah kata baik itu motivasi, masukkan dan yang lain. Kado yang dibawa mahasiswa tidak begitu mewah. Panitia membatasi harga kado yang dibawa. Setelah pertukaran kado selesai dilanjutkan dengan istirahat (makan siang) dan kemudian diakhiri dengan penutup.

Melalui Grand Opening  ini, HMP PGSD berharap agar bisa terwujudnya generasi yang cerdas yang dapat memajukan dan mempertahankan nama baik PGSD itu sendiri. [Saroh Nur Fiatun]