Kesehatan merupakan kunci terpenting untuk melakukan segala aktivitas, tidak terkecuali perkuliahan. Apalagi seorang calon guru Sekolah Dasar (SD) yang harus memiliki kesehatan secara jasmani, rohani, mental, fisik, pemikiran maupun psikologis.

Salah satu usaha yang dilakukan Prodi PGSD untuk menunjang kesehatan jasmani dan fisik mahasiswa adalah dengan menyelenggarakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Jumat selama tidak libur.

Animo mahasiswa yang mengikuti SKJ ini pun cukup tinggi, sekitar 125 mahasiswa setiap Jumat memenuhi Edu-Park UMS, tempat SKJ dilaksanakan. Melalui bimbingan instruktur senam yang terampil, mahasiswa dibekali keterampilan untuk menguasai gerakan-gerakan SKJ. Tidak hanya kesegaran dan kesehatan badan yang didapat, namun juga keterampilan SKJ yang bisa mahasiswa manfaatkan ketika sudah menjadi guru SD nantinya.

Selain hal tersebut di atas, hal yang menarik lainnya adalah adanya lomba SKJ yang diadakan setiap akhir tahun ajaran. Biasanya lomba SKJ ini diadakan pada bulan Mei dan diikuti oleh seluruh mahasiswa melalui perwakilan setiap kelasnya.