Pabelan – Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional ke- V di selenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 28 Juni – 2 Juli 2019 dengan tema “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar melalui Kolaborasi Kearifan Lokal dan Era Digital Menuju Indonesia Berkemajuan”. Perlombaan ini terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Media Pembelajaran, Tari Kreasi Nusantara, dan Mendongeng.

PGSD UMS mendelegasikan 9 mahasiswa yang terdiri dari Hafid Arosyid, Afrin Puspasari, Efi Rusdiyani, Puji Ayu Inkasari, Aprillia Crismonaf, Frida Febriani Candra, Nabila Alfiarini M.P, Aulia Maulida Rahmah, dan Shandy Novilya Purwanti. Mahasiswa ini berhasil lolos seleksi menjadi 17 finalis lomba LKTI, 17 finalis Media Pembelajaran, 10 finalis Lomba Tari Kreasi Nusantara dengan berkompetisi bersama 28 Universitas se- Indonesia.

Pada lomba LKTIN, PGSD UMS berhasil memperoleh Juara III melalui judul Karya “The Adventure of DIM: Sebagai Media Pembelajaran Kecakapan Abad 21 Berbasis Science Technology Society Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kawasan Rawan Bencana” yang diketuai oleh Hafid Arosyid dengan anggota Afrin Puspasari dan Efi Rusdiyani dibawah bimbingan Muhammad Abduh, M.Pd.

Pada Lomba Tari Kreasi Nusantara, tim tari PGSD juga berhasil memperoleh Juara II dengan karya tari “Guyup Rukun” yang diwakili oleh Puji Ayu Inkasari, Aprillia Crismonaf, dan Frida Febriani Candra. Disamping itu PGSD UMS harus berbangga dengan menempati posisi ke lima pada lomba Media Pembelajaran dengan menciptakan media “Berbudaia” oleh Nabila Alfiarini M.P, Aulia Maulida Rahmah, dan Shandy Novilya Purwanti.

“Semoga perolehan kejuaraan ini dapat menjadi tradisi mahasiswa PGSD UMS pada ajang Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional”. Ujar Muhammad Abduh

Afrin Puspasari dan Efi Rusdiyani