Sabtu, 04 Januari 2019 PGSD CERDAS UMS Menari menampilkan 29 berbagai jenis tarian yang beragam di Teater Kecil ISI Surakarta. Kegiatan Pagelaran Tari ini merupakan tugas akhir mata kuliah Seni Tari yang dari semester 7 tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, kegiatan ini merupakah salah satu bentuk aktualiasi diri dari mahasiswa dalam bidang kesenian. Pagelaran Tari ini diikuti oleh 6 kelas yang dibagi menjadi 29 kelompok dengan berbagai macam tarian yang mengandung banyak makna-makna kehidupan.

PGSD CERDAS UMS secara konsisten selalu mengadakan Pagelaran Tari setiap tahunnya. Pagelaran Tari ini banyak sekali mengandung makna-makna kehidupan yang disajikan dalam sebuah kreasi tari yang sangat indah dan memukau. Salah satunya adalah Tari Angkara Murka, sebuah tarian yang meluapkan emosi dengan estetika yang tidak disangka-sangka. Tarian tersebut mengajarkan untuk mengolah emosi ke dalam aktivitas yang lebih bermanfaat.

Tarian lainnya yaitu Tari Anakku. Sebuah tari yang mengisahkan perjuangan seorang anak yang hendak membuktikan jati dirinya yang dapat berguna. Dalam setiap gerakan dan ceritanya memberi makna untuk selalu berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan, selalu ingat nasehat dari orang tua serta orang-orang tersayang.

Banyak sekali tarian lainnya yang mengisahkan tentang kehidupan di masyarakat, dolanan anak-anak, keberagaman karakteristik di Indonesia dan nilai-nilai Al Islam. Kegiatan Pagelaran tari ini diharapkan menjadi salah satu kegiatan dalam rangka membudayakan dan mengaperesiasi salah satu kekayaan kesenian yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia adalah kecerdasan sosial yang salah satunya adalah saling menghargai dan menghormati keberagaman karakteristik dan budaya yang ada. PGSD CERDAS, PGSD Cinta Budaya dan Seni.