Rabu, 19 Februari 2020 Progam Studi Pendidikan Sekolah dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta telah mengadakan Kuliah Umum dengan Tema “Edupreneurship Menjawab Tantangan Era Globlalisasi”. Dengan pembicaranya yaitu Hariyadi Nurwanto, S. Psi. Psikolog. , dan diikuti mahasiswa semester 6 yang berjumlah 200 peserta. Tujuan mahasiswa mengikuti kuliah umum ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa di era globalisasi agar memiliki karakter edupreneur dalam bidang pendidikan.

Dalam kuliah umum ini pembicara memberikan motivasi serta kiat kiat menjadi edupreneurship yang sukses. Edupreneurship disini adalah merupakan gabungan dari kata education (pendidikan) dan entrepreneurship (kewirausahaan). Edupreneurship ingin menempatkan konsep-konsep dan sikap kewirausahaan dalam dunia pendidikan. Mahasiswa yang ingin menjadi edupreneursip yang harus dilakukan adalah memiliki niat serta motivasi.

Pembicara disini diawal dimulai dengan motivasi agar mahasiswa secara tidak langsung termotivasi untuk menjadi edupreunership, Lalu di lanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam menjadi Eduprenuership akivitas yang dilakukan yaitu yang pertama Buka akses diri ( ketauilah diri sendiri, ketauilah orang lain, kenali orang lain) yang kedua Lingkungan ( lingkungan mempengaruhi hasil kerja kita) yang ketiga Empat AS ( Kerja keras, Cerdas, Tuntas,dan Ikhlas). Yang terakhir adalah Berdoa.