Sabtu, 22 Februari 2020

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali menyelenggarakan kegiatan yang inspiratif dan edukatif untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswanya, yakni melalui kegiatan diskusi ilmiah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Februari 2020, pukul 08.00 WIB di Ruang Laboratorium Matematika (I0315) PGSD FKIP UMS. Peserta diskusi merupakan perwakilan dari mahasiswa PGSD UMS semester 2, 4, dan 6 yang berjumlah 41 mahasiswa. Diskusi ilmiah kali ini mengusung tema Menjadi Guru Produktif dan Berkepribadian dengan pembicara yaitu Fitri Puji Rahmawati, S.Pd., M. Hum., M.Pd. dan Wahdan Najib Habibie, S.Th,I., M.Pd.. Kedua pembicara merupakan dosen tetap di prodi PGSD FKIP UMS.

Diskusi Ilmiah dengan tema Menjadi Guru Produktif dan Berkepribadian ini diawali dengan penyampaian materi dari Fitri Puji Rahmawati, S.Pd., M. Hum., M.Pd. yang memaparkan mengenai karya tulis ilmiah, seperti macam-macam karya tulis dan cara penyusunannya. Untuk persoalan kesusastraan memang beliau ahlinya, karena Ibu Fitri merupakan dosen Bahasa Indonesia di prodi PGSD UMS. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Wahdan Najib Habibie, S.Th,I., M.Pd. dengan mengangkat topik tentang etika profesi keguruan berbasis wawasan keislaman. Materi yang disampaikan sarat akan nilai-nilai islam yang dianut oleh masyarakat muslim di Indonesia. Setelah pemaparan dari kedua pembicara selesai dilakukan, kegiatan selanjutnya adalah sesi diskusi. Antusiasme perserta terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan, baik kepada pembicara satu maupun pembicara dua.

Kegiatan diskusi ilmiah merupkan salah satu program kerja dari PGSD UMS. Sebelumnya telah banyak kegiatan edukatif yang diselenggarakan oleh PGSD UMS, diantaranya adalah seminar skripsi, workshop public speaking, kuliah umum, dan kali ini diskusi ilmiah. Berbagai kegiatan tersebut merupakan suatu upaya prodi PGSD UMS dalam mendukung dan mengembangkan keampuan mahasiswanya.