Category Archives: Kegiatan PGSD

SEMINAR NASIONAL PGSD DAN RAKERWIL HDPGSDI WILAYAH JAWA

Arah Pengembangan Profesi Guru dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Pendidikan menjadi salah satu penentu kualitas bangsa, di mana guru berperan sebagai ujung tombaknya. Pemerintah Indonesia terus berusaha meningkatkan kualitas guru, salah satunya melalui program pendidikan profesi guru. Guna menggiring laju pengembangan profesi guru dan perkembangan pendidikan di Indonesia, Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Himpunan Dosen PGSD Indonesia wilayah Jawa menyelenggarakan seminar nasional pendidikan yang berkemajuan dengan tajuk “Arah Pengembangan Profesi Guru dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia pada tanggal 13 Mei 2017 di Auditorium Moh. Djazman dengan keynote speaker Prof. Dr. Djaali beserta dua narasumber pendidikan yang handal yakni Dr. Suryanti dan Prof. Dr. Harun Joko Prayitno. Menurut Prof. Dr. Djaali, ketua Perhimpunan Lembaga Penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PLPPGI), program pengembangan profesi guru mencakup empat aspek: Pertama, sistem seleksi komprehensif untuk mendapatkan calon guru yang unggul secara akademik, bakat-minat, kepribadian. Kedua, pola pendidikan akademik (S1) yang bermutu melalui penguatan akademik kependidikan dan akademik bidang studi. Ketiga, sarjana pendidikan mendidik di daerah 3T. Keempat, pendidikan profesi guru berasrama dan berbeasiswa untuk menguatkan bekal calon guru profesional yang berkarakter, tangguh, tanggap, tanggon, terampil, dan trengginas.

Untuk calon guru profesional tersebut, narasumber kedua, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, ketua Asosiasi LPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah, meminta pemerintah merekrut dari sarjana kependidikan, karena mengajar bukan semata-mata menguasai materi, tetapi seni, kemampuan menyampaikan materi (delivery) secara komprehensif sesuai perkembangan kognitif peseta didik. Calon guru adalah orang yang sejak awal telah berkomitmen untuk mewakafkan dirinya untuk kepentingan anak didiknya, bukan karena peluang mencari pekerjaan setelah menyelesaikan studi kesarjanaanya.

Sedangkan narasumber lain, Dr. Suryanti, M.Pd, Ketua Himpunan Dosen PGSD Indonesia, melihat kualitas pendidikan Indonesia masih tertinggal dari negara lain. Ini didasarkan hasil nilai PISA (Programme for Internasional Student Assessment) siswa Indonesia yang dilakukan tahun 2015 yang dirilis pada bulan Desember 2016. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan Indonesia adalah kualitas guru yang rendah dilihat dari nilai UKG, keterbatasan akses pendidikan, fasilitas yang kurang memadai, dan banyaknya kasus putus sekolah.

Dan pada akhir diskusi seminar disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan komitmen pemerintah secara penuh. Tetapi bila melihat anggaran pendidikan Indonesia, menurut salah satu penelitian peserta, anggaran pendidikan terus turun setiap tahunnya. Bila ini yang terjadi, maka sulit berharap terjadinya peningkatan kualitas pendidikan Indonesia secara cepat.

Selepas kegiatan seminar nasional, Sabtu 13/5/2017, pengurus Himpunan Dosen PGSD Indonesia (HDPGSDI) Wilayah Jawa melanjutkan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dengan bertempat di Lorin Hotel Solo sampai dengan Minggu 14/5/2017

Dengan dibentuknya wilayah-wilayah koordinator untuk HDPGSDI, salah satunya adalah wilayah jawa ini, diharapkan mampu menjembatani antara pusat dan daerah terkait pengembangan dan kemajuan program studi PGSD terutama bagi program studi anggota himpunan. Kegiatan rakerwil jawa di Surakarta kali ini difokuskan pada agenda penyusunan, pemantapan dan pengesahan program kerja-program kerja oleh seluruh pengurus yang sebelumnya sudah dirancang oleh pengurus harian di surabaya, yaitu: pada bidang penelitian dan pengabdian;  organisasi dan kerjasama; pendidikan dan pelatihan; serta penerbitan dan publikasi.

Rakerwil diawali dengan performance tari kolaborasi antara mahasiswa PGSD FKIP UMS dengan siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta selaku SD Lab. Rakerwil dibuka langsung oleh Ketua HDPGSDI Pusat, Dr. Suryanti, MPd. dan dipimpin oleh Ketua HDPGSDI I Wilayah Jawa, Farid Ahmadi, Ph.D. Sebagai hasil rakerwil ini adalah pengesahan program kerja himpunan selama empat tahun periode kepengurusan. Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh seluruh program studi anggota himpunan wilayah Jawa dengan HDPGSDI Wilayah Jawa di bawah persetujuan Ketua Umum Himpunan Pusat. (AZA)

 

ToT Outbound Mahasiswa Angk. 2014

Program Studi PGSD FKIP UMS kembali melaksanakan (Training of Trainer) ToT Outbound bagi mahasiswa angkatan 2014. Agenda ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 27, 28 Maret dan 1 April 2017, yang dilaksanakan di Auditorium Moh Djazman dan di Edupark UMS. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah softskill mahasiswa dalam mengelola kegiatan outbound bagi siswa sekolah dasar. Hari pertama mahasiswa mendapat teori dari fasilitator, hari kedua mahasiswa presentasi dan pada hari ketiga mahasiswa terjun langsung untuk meng-handle kegiatan outbound bersama siswa sekolah dasar. Adapun siswa sekolah dasar didatangkan dari sekolah lab dan sekolah mitra dari PGSD, yang pada kesempatan ini yaitu SD Muhammadiyah PK Surakarta dan SDIT Muhamaadiyah Al Kautsar Kartasura.

Workshop Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Dalam rangka mempererat silaturhami antara Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMS dengan SD Lab dan SD Mitra, serta untuk mencapai visi misi Prodi PGSD,  Prodi PGSD menyelenggarakan Workshop Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan yang diadakan di Gedung C4 FKIP dengan Fasilitator Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA. Dan Bapak Roni Ismail, S.Th.I., M.Si. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Workshop ini diikuti oleh dosen-dosen PGSD serta guru-guru SD Laboratorium dan SD Mitra PGSD FKIP UMS yang dihadiri kurang lebih dari 50 sekolah. Materi yang diberikan dalam workshop ini merupakan satu alternatif dalam mendesain model-model atau metode-metode serta strategi-strategi pembelajaran yang merupakan salah satu elemen dari unsur utama dalam mendesain pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai strategi seperti interactive lecturing, resitasi, diskusi kecil, dan diskusi kelompok besar, peer teaching dan mentoring. Workshop ini berlangsung selama satu hari pada tanggal 18 Maret 2017 mulai pukul 08.00 s.d. 16.00. Workshop ini dirasa sangat bermanfaat bagi guru-guru SD Lab dan SD Mitra untuk meningkatkan kompetensi pedagogi mereka. Besar harapan Prodi PGSD agar dengan adanya workshop ini dapat mengubah paradigma pembelajaran teacher centered menuju student centered.

WhatsApp Image 2017-03-18 at 11.52.07

WhatsApp Image 2017-03-18 at 10.58.40

Fasilitator                    Fasilitator

Seminar Nasional

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMS berkerja sama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesi Wilayah Jawa mempersembahkan Seminar Nasional dan Call for Papers dengan Tema “Arah Pengembangan Profesi Guru dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia” pada Hari Sabtu, 13 Mei 2017 di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Berikut leaflet Seminar kami,

Leaflet 1 Leaflet 2

Leaflet dapat diunduh di sini dan di sini 

Workshop PKM Mahasiswa

Peserta Workshop PKM

Peserta Workshop PKM

Pembicara 1 Fitri Puji Rahmawati, M.Hum, M.Pd.

Pembicara 1 Fitri Puji Rahmawati, M.Hum, M.Pd.

Pembicara 2 Dini Resti, M.Pd.

Pembicara 2 Dini Resti, M.Pd.

Pelatihan dan Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PPKM) merupakan acara rutin yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam hal menulis PKM. Pelatihan kali ini bertema “Kreatifitas Tanpa Batas menuju PIMNAS untuk Indonesia Berkualitas”. Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak PKM dari Prodi PGSD yang dapat didanai dan lolos pimnas. Pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu, 23 November 2016 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 3 program studi PGSD dengan total jumlah 254 peserta. Pembicara pertama yaitu Ibu Fitri Puji Rahmawati, M.Hum., M.Pd., dengan materi pengantar PKM, tips dan trik lolos PKM, serta penyusunan proposal PKM bab 1 dan bab 2. Pembicara kedua Ibu Dini Restiyanti Pratiwi, M.Pd dengan materi penyusunan proposal bab  3, 4 dan lampiran. Peserta sangat antusias peyampaian materi dan merespon pertanyaan yang dilontarkan pembicara. Materi dibuka dengan pemaparan tentang PIMNAS, tips dan trik dibiayai Dikti, dan lolos PIMNAS. Dalam penyampaian materi pembicara juga membuka sesi pertanyaan bagi peserta yang memiliki kesulitan dalam membuat PKM bab 1 dan 2. Pembicarapun tak segan turun langsung melihat karangan peserta dan mengkoreksinya.

Kuliah Umum MBS November 2016

Minsih, M.Pd. (Pembicara 1)

Minsih, M.Pd. (Pembicara 1)

Nasrul Harahap, S.Pd.I (Pembicara 2)

Nasrul Harahap, S.Pd.I (Pembicara 2)

P1070835 P1070820

Kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 5 PGSD FKIP UMS dilaksanakan pada hari Selasa, 8 November 2016 di Auditorium Moh. Djazman. Acara dimulai pada pukul 07.00, diawali dengan pembukaan dari MC dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh perwakilan mahasiswa PGSD semester 5. Pukul 08.15 sambutan dari Ketua Program Studi PGSD Bapak Dr. Achmad Fathoni, S.E., M.Pd. Pukul 08.45 masuk acara inti yaitu kuliah umum, pembicara pertama Ibu Minsih, M.Pd dengan materi Manajemen Berbasis Sekolah. Didalam penyampaian materi sesi tanya jawab dilaksakan dan diselingi dengan ice breaking. Pembicara kedua Bapak Nasrul Harahap, S.Pd.I dengan materi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MI Muhammadiyah PK Kartasura. Dalam penyampaian materi diadain juga sesi tanya jawab dengan mahasiswa.

Didalam pelaksanaan kuliah umum beberapa mahasiswa melontarkan pertanyaan kepada pembicara dengan antusias. Jalannya kegiatan kuliah umum dapat tetap terkondisikan dengan baik yang dimoderatori oleh Ibu Nur Amalia, M.Teach. Pukul 12.00 pelaksanaan kuliah umum berakhir. Semua peserta meninggalkan ruangan Auditorium Moh. Djazman dengan tertib. Tidak lupa juga pemberian kenang-kenangan kepada pembicara setelah selesai memberikan materi oleh panitia.

Persiapan kegiatan Kuliah Umum dimulai seminggu sebelumnya, dari mulai persiapan tempat, materi, konsumsi, dan penginformasian kepada mahasiswa. dari awal pelaksanaan hingga selesai pelaksanaan kuliah umum ini tidak ada kendala yang sangat signifikan, dan semuanya berjalan dengan lancar dan terkondisikan dengan baik.

KEGIATAN PARENTING 22 OKTOBER 2016 BERSAMA SD MUHAMMADIYAH PK KOTA BARAT

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC  DSC_0053SAMSUNG CSC  DSC_0062SAMSUNG CSC  SAMSUNG CSCSAMSUNG CSC  SAMSUNG CSCDSC_0189  DSC_0223 

SAMSUNG CSC

 

STUDI BANDING UNIVERSITAS MULAWARMAN 6 SEPTREMBER 2016 DI RUANG SIDANG FKIP

DSC_0062 DSC_0091DSC01061 DSC_0244 DSC_0225 DSC_0194 DSC_0107 DSC_0112DSC_0102 DSC_0199

Sambut Maru PGSD 2016

Bapak Ibu Dosen PGSD

Bapak Ibu Dosen PGSD

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Mahasiswa Baru PGSD Angkatan 2016

Pada Hari Rabu, 24 Agustus 2016 dilaksanakan kegiatan Prodiria sebagai rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru di lingkungan FKIP. Prodiria PGSD ini dihadiri oleh pimpinan prodi dan juga Bapak Ibu Dosen yang bertujuan agar mahasiswa mengenal dosen-dosen yang akan mengampu selama perkuliahan dan dosen pun dapat mengenal wajah-wajah baru mahasiswa angkatan 2016. Program Studi PGSD kali ini yang saat ujian masuk “grade” nya setara dengan kedokteran menerima kurang lebih 250 mahasiswa. Nah, sudah barang tentu kualitasnya OK yaa.. Mahasiswa baru ini berasal dari beragam provinsi termasuk luar Jawa juga lho… Kami ucapkan selamat datang di SOLO “the Spirit of Java” untuk mahasiswa baru. Nah, di acara ini juga mahasiswa baru diperkenalkan dengan kurikulum yang sedang berjalan di Prodi PGSD, kegiatan-kegiatan, ekstra kurikuler yang ada, fasilitas, sarana, prasarana (pokoknya semua yang berkatian dengan PGSD tercinta…) Baiklan, Semoga mahasisawa baru ini lancar studinya, aktif organisasinya, cetak prestasi sebanyak-banyaknya  dan dapat lulus tepat pada waktunya..  aamiin

PEMBEKALAN ALUMNI

_DSC0031

DSC_0064

DSC_0066

malatya escort ankara escort ankara escort antalya escort ankara escort istanbul escort porno izle
ankara escort