VISI

Pada tahun 2029, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi pusat pengembangan pendidikan tenaga pendidik sekolah dasar yang kompeten, islami, unggul, dan memberi arah perubahan.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga pendidik sekolah dasar yang relevan dengan tuntutan perkembangan peserta didik, kemajuan pendidikan, dan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), serta sejalan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian bidang ke-SD-an yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas riset sesuai tuntutan perkembangan peserta didik, ilmu pengetahuan, teknologi, kemajuan pendidikan, dan kearifan seni budaya.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan yang sesuai nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik sekolah dasar yang kompeten dan Cinta Allah dan Rasul, Edukatif, Rajin, Disiplin, Amanah, dan Santun (CERDAS).
  2. Menghasilkan penelitian di bidang ke-SD-an yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sesuai tuntutan perkembangan peserta didik, ilmu pengetahuan, teknologi, kemajuan pendidikan, dan kearifan seni budaya.
  3. Menghasilkan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan penerapan IPTEKS dalam pendidikan sesuai nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

 

SASARAN

Berdasarkan Rencana Strategis Program Studi PGSD FKIP UMS tahun 2017-2021, telah ditetapkan tujuh sasaran, yaitu.

  1. Peningkatan kualitas lulusan
  2. Peningkatan kemampuan lulusan dalam bidang minat dan bakat serta penalaran.
  3. Peningkatan kuantitas penelitian
  4. Peningkatan jumlah publikasi karya ilmiah dosen
  5. Peningkatan kuantitas pengabdian
  6. Peningkatan kerjasama dengan institusi lain