Himpunan Mahasiswa Program (HMP) PGSD UMS bersama Program Studi PGSD UMS mengadakan kegiatan Beasiswa Tahfidz PGSD UMS 2020 pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui media Google meet di mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja yang baru dilakukan selama 2 tahun ini. Pada tahun ini, kegiatan bertema “Menumbuhkan Generasi Islami dan Cinta Al-Qur’an di Lingkungan Mahasiswa”.

Beasiswa Tahfidz bertujuan untuk memberikan semangat menghafal Al-Qur’an di lingkungan mahasiswa PGSD.  Kegiatan ini, diikuti oleh mahasiswa PGSD mulai dari semester 2 sampai semester 6. Beasiswa tahfidz di PGSD ini berfokus ke hafalan surat-surat di juz 30.

Mekanisme kegiatan Beasiswa Tahfidz 2020 yaitu setiap peserta langsung melewati tiga babak sekaligus. Selain itu, peserta dibagi menjadi dua sesi. Babak 1 (surat wajib), peserta diminta oleh mc untuk mebacakan surat wajib yaitu Al-Infithar. Babak 2 (Surat acak), panitia mengambilkan satu gulungan yang telah disediakan secara acak. Di dalam gulungan terdapat salah satu nama surat juz 30. Kemudian peserta melantunkan surat tersebut. Babak 3 (Sambung ayat), juri akan melafalkan potongan ayat dan peserta melanjutkan 5 ayat selanjutnya.

Dalam kegiatan ini kita mengambil 12 juara. Kategori juara tersebut antara lain: Syaraf’ula, Mumtaz, dan Jayyid Jiddan masing diambil satu orang. Masih ada kategori Jayyid mengabil 9 orang. Bagi peserta yang bisa masuk ke dalam kategori tersebut akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam.

Meskipun tahun ini kegiatan Beasiswa Tahfidz dilakukan secara daring tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Mereka tetap berantusias mengikutinnya, walaupun ada beberapa peserta yang terkendala sinyal. Selain antusias dari peserta juri pun juga sangat berantusias dan memberikan respon positif pada kegiatan ini. Kami berharap acara seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun selanjutnya.